Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Wednesday, October 17, 2012

aplikasi pengolah vektor



INSTALASI MACROMEDIA FREEHAND MX
Secara umum, desain dibagi menjadi dua kelompok, yaitu desain bitmap dan vektor. Perbedaan mendasar kedua desain ini terletak pada objek desainnya. Bitmap tersusun dari pixel-pixel warna dan raster, sedangkan Vektor terdiri dari garis.
Macromedia FreeHand MX adalah versi ke-11 dari software gambar berbasis vektor ini. Desain Vector adalah desain yang menggunakan garis sebagai bagian utama dari sebuah image.ini berbeda dengan desain bitmap yang menggunakan pixel warna dan raster sebagai objek utama image. Sehingga dalam kondisi tertentu desain vektor tidak akan mengalami perubahan pada image meski dilakukan pembesaran sebesar apapun. Di pasaran ada setidaknya 3 buah software berbasis vektor yang banyak dipergunakan orang, yaitu CorelDRAW, Adobe Ilustrator dan Macromedia FreeHand.
Dengan tersedianya fasilitas yang sama, FreeHand MX menuntut persyaratan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Ilustrator apalagi CorelDRAW. Bahkan dibandingkan dengan release sebelumnya.
Perbandingan besarnya program Full Install :
  • FreeHand MX memerlukan 36,8 MB
  • FreeHand 10 memerlukan 38,9 MB
  • Adobe Ilustrator 10 memerlukan 79,5 MB
  • CorelDraw 11 full pack 256 MB
Kebutuhan memori juga lebih rendah, rata-rata besarnya ukuran file gambar untuk graphic yang sama lebih rendah. Akibatnya dengan bobot komputer yang sama,bekerja dengan FreeHand MX lebih lancar dan cepat.

FreeHand MX sangat andal untuk mengerjakan Desktop Publiser untuk jenis-jenis dokumen atau buku yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak.Pekerjaan desain logo, pembatas buku,neon box,sampai karakter kartunpun mudah dikerjakan menggunakan FreeHand MX.

Sebagian besar tampilan area kerja Macromedia FreeHand MX mirip dengan Macromedia Studio MX ataupun Dreamweaver MX, bahkan mirip juga dengan Macromedia Flash MX dll. Hal ini akan memudahkan kita yang sudah sering menggunakan produk2 aplikasi tersebut.

Ketika kita membuka aplikasi Macromedia FreeHand MX, maka dalam area kerja yang terlihat secara default adalah Jendela Dokumen, Toolbox dan beberapa Panel. Panel2 dalam Macromedia FreeHand MX bisa disembunyikan (hide) atau ditampilkan sesuai dengan kebutuhan kita sehingga tidak memenuhi area kerja. Caranya bisa dengan meng-klik Menu Window, kemudian pilih panel mana yang akan ditampilkan atau disembunyikan. 


Instalasi Macromedia FreeHand MX
Pertama, bukalah file Macromedia FreeHand MX Seterusnya pada sub folder Program jika filenya dalam betuk exe dan pada Compressed jika filenya dalam bentuk zip atau rar. Sebagai contoh bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Sekarang kliklah icon setup tersebut 2 kali.



Kliklah tombol Next.


Kliklah tombol Yes.
 



Sekarang Isilah nama anda dengan 2 suku kata. Terserah apakah anda isi dengan nama asli atau nama samara tidak menjadi soal. Yang penting kedua kotak First and Last Name itu anda isi. Begitu juga dengan kotak Orgnanization. Kemudian isilah kotak Serial Number-nya sesuai dengan Serial Number yang sudah tersedia pada file hasil download. Pastikan Serial Numbernya sudah terisi dengan benar. Biasanya akan muncul tanda centang berwarna hijau disamping kotaknya. Tapi jika salah, akan muncul tanda silang merah. Setelah semua kotaknya terisi, maka kliklah tombol Next.


Klik kembali folder Macromedia Freehand 11. Kemudian kliklah fila SERIAL-NO di sebelah kanannya, sehingga akan terbuka halaman seperti ini:



Lalu sorotlah Serial No. Kemudian langsung klik kanan dan klik pada piihan Copy. Nah, itulah yang di-pastekan pada kotak Serial Number tadi. Jika sudah jangan lupa klik tombol Next.

 





 Klik lagi tombol Next.



Jika sudah muncul tampilan seperti ini itu berarti proses installing Macromedia Freehand MX pada computer atau laptop anda sedang berlangsung. Tunggulah hingga selesai sendiri, sampai angka persentasenya menjadi 100%. Sampai akhirnya muncul tampilan seperti dibawah ini:



Secara default setelah ini anda akan diarahkan ke halaman ReadMe, yaitu halaman informasi dan tutorial singkat Macromedia Freehand MX dalam bahasa Inggris. Jika anda tidak ingin membacanya, maka hilangkan tanda centang pada tulisan Yes, view the ReadMe file now. Kemudian kliklah tombol Finish.
Nah, sampai disini berarti proses instal Macromedia Freehand MX sudah selesai. Anda tinggal membukanya. Sebagai contoh sekarang kliklah icon atau shorcutnya. Anda bisa lihat di All Program pada bagian Macromedia. Atau pada Start Menu dan Program File pada Windows Eksplorer.
 




Sekarang kliklah icon shortcut tersebut 2 kali

Jika muncul tampilan seperti ini maka kliklah tombol Don’t Remind Me Again. Kecuali jika anda memang ingin meregistrasi legalitas software Macromedia Freehand MX pada situs resminya. Dengan cacatan komputer anda harus terhubung dengan internet.


Jika muncul tampilan seperti ini berarti pengaturan pada sistem komputer anda memblokir akses aplikasi atau beberapa fitur Macromedia Freehand MX untuk akses sharing. Sebaiknya anda tutup saja kotak dialog ini dengan mengklik icon close (lihat no. 2). Jika sudah biasanya halaman interface Macromedia Freehand MX akan langsung terbuka.




Untuk memulai bekerja, anda harus membuat halaman kerja baru terlebih dahulu. Caranya dengan mengklik menu File kemudian mengklik pilihan New. Atau dengan menekan tombol Ctrl dan N secara serentak pada keyboard.




Jika yang muncul seperti gambar diatas, maka itu artinya anda sudah bisa langsung bekerja untuk membuat karya-karya desain grafis kreatif anda.
















 


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates